Jumat, 08 Juli 2011

Empat Kabel Dewata Tiba

Jumat, 8 Juli 2011. Empat kabel dewata tiba tadi sore. Keempatnya adalah RCA interconnect berpanjang 1 meter. Saya membelinya khusus untuk uji-coba memilih mana yang tercocok suaranya dengan pre/power amp yang saya buat, terutama unit premium seperti "Angel #26". Yang terpilih akan digunakan sebagai kabel internal, tepatnya pada posisi signal hookup wire.
Mogami 2524, Mogami 2806, Mogami 2549, dan Klotz MC5000.
Keempat kabel tersebut berbasiskan: Mogami 2524, Mogami 2806, Mogami 2549, dan Klotz MC5000. Semuanya diterminasi dengan RCA plug Vermouth e-RCA. Saya belum punya cukup dana untuk me-rodhium-kan semua RCA connector. Hehehe...

Selama ini, untuk kebutuhan dimaksud, saya menggunakan "Canare coklat" yang terkenal murah-meriah itu, dan jadi kabel wajib-coba para DIY-ers. Namun akhir-akhir ini saya lebih sering menggunakan sebuah shielded cable berjaket teflon putih, solid inner, dan strands outer yang berlapis perak. Saya lupa mereknya apa karena old stock.

Ceritanya, saya ingin menaikkan klas pemakaian signal hook-up wire pada unit pre/power yang saya buat, bila ada di antara ke-4 kabel dewata itu yang bersuara lebih cocok.

Rasanya ingin segera memeriksa suara ke-4-nya namun Sabtu besok acara padat betul. Pagi pkl 9.00 ada undangan misa manten koster gereja. Pukul 11.00 ada undangan misa 100-harian tetangga. Jam yang sama, ada email undangan makan siang di Grand Indonesia dari teman lama pemilik majalah audio. Saya sebenarnya juga ada  rencana ke Hayam Wuruk-Glodok. Sore hingga (pasti malam) ke Sunter antar pesanan.

Kalau sempat, kabel-kabel akan diuji ramai-ramai di Sunter. Kalau tidak sempat, mudah-mudahan awal pekan depan sudah bisa dicoba. Artinya, saya akan siapkan sistem untuk tes dulu sebab di workshop saya tidak ada setup memadai karena sempit dan penuh barang.

Seharian tadi juga padat, terima tamu dan banding-bandingkan tiga pre-amp malaikat. Minggu-nya, pagi-pagi saya akan bertugas koor di gereja. Stamina sedang diuji. To be continue.... hasil uji-banding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....