Selasa, 19 Juli 2011

"Si Hitam" Mundorf Supreme Silver/Oil


Kamis, 14 Juli 2011. Si hitam manis datang sore-sore. Aduh.... ada yang imut, ada yang zemok. Si hitam adalah  Mundorf (M-Cap) Supreme Silver/Oil (SO), kapasitor asal Jerman. Tibanya lebih cepat dari biasanya. Mantap...!

Hanya dua ukuran: 3,9uF 1200VDC dan 0,22uF 1000VDC, pun jumlah seperlu saya. 3,9uF akan saya pakai untuk upgrade cross-over proyek speaker 3-way "803-FS Black Pyramid #2" (segera saya upload). Cukup besar fisiknya: setelapak tangan saya untuk 2 pcs saja. Sedangkan 0,22uF untuk signal coupling proyek amplifier single-ended 2A3 dengan 6SN7 cascoded differential gain-stage (true balanced input).

Beberapa waktu sebelumnya tiba 0,47uF 1200VDC untuk keperluan proyek line pre-amp "Angel #26". Saya sendiri mengenali si hitam kali pertama beberapa tahun lalu pada satu produk yang masuk ke workshop saya.

Apa yang istimewa dari si hitam sehingga akhir-akhir ini saya sering menggunakannya untuk berbagai proyek penting? Apakah saya terpengaruh beberapa review positif di berbagai laman internet?

Terus terang, ini lebih ke arah "balas dendam" atau apalah istilahnya. Cukup lama saya cenderung mengandalkan AuriCap (MKP, USA) untuk kebutuhan openness, detail, dan hi-resolution. Saya keliru, karena "si kuning" AuriCap jadi barang biasa-biasa untuk kebutuhan itu dibandingkan "si hitam".

Hebatnya lagi, meski mid to hi-nya bagus, repro vokal si hitam tetap liquid khas oil. Kedua, bass-nya bisa empuk juga, terutama low bass. Tampaknya dia bukan tipe kick bass. Pengalaman saya, jarang ada kapasitor bisa berkinerja demikian. Jago atas biasanya kedodoran bawah. Yang warmth biasanya buthek (dark). Yang speed dan transparan biasanya "kering".

Karena Mundorf berhasil "meracik tetesan oil ke dalam dielektrik polypropylene?" Entahlah... saya nggak tahu dan nggak perduli karena saya bukan pembuat kapasitor. Saya hanya pemakai kalau saya cocok.

Ditambah kelebihan ketiga, yaitu berharga masuk akal untuk klasnya, jadilah saya lebih sering bertandang ke kamar si hitam daripada si kuning sekarang. Hehehe...

Oh ya secara harga, di atas Supreme SO, Mundorf menempatkan Supreme Silver/Gold (SG) dan yang paling top adalah Supreme Silver/Gold/Oil (SGO). Saya pernah memakai semuanya dalam 1-2 tahun terakhir, baik sebagai amp signal coupling maupun cross-over network. Tapi mengapa saya lebih memilih Supreme SO? Ah.... Anda mau tahu saja. To be continue...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....