Senin, 25 Maret 2024

Arah Pasang Kapasitor Auricap, AuriCapXO, V-Cap, Jensen, dan Miflex Agar Optimal


Maret, 2024:
Auricap dan AuricapXO buatan Audience (USA) adalah salah satu kapasitor favorit saya, baik untuk signal coupling, decoupling, crossover network, maupun untuk PSU by-pass.

Sejatinya Auricap adalah non-polarized (NP) capacitors, thus bisa dipasang bolak-balik, alias langsung, bebas, tanpa rahasia. Tegasnya, Auricap bukanlah polarized capacitors yang ada tanda kutub plus-minus sebagaimana halnya electrolytic capacitors (elco), yang harus terpasang sebagaimana kutubnya (tidak boleh terbalik).

Sekali lagi, pemasangan Auricap adalah bebas. Namun dari pengalaman saya dan juga saran dari pabriknya, ada "arah pemasangan yg optimal", yang ternyata benar-benar terbukti lebih baik, bersuara lebih bagus. Sayang sekali kalau tidak kita perhatikan, tidak kita adopt.

"Arah pemasangan yg optimal" ini mengacu pada letak dari inner foil dan outer foil dari kapasitor berbasis foil; karena itu seyogyanya tidak terbatas pada Auricap dan AuricapXO.

Mengapa begitu? Dari pengukuran dengan oscilloscope tampak jelas bahwa noise terukur atau terbaca lebih rendah jika kita mengikuti kaidah ini, dan sebaliknya. Begitulah hasil dari instrument test. Pada uji-kuping (ear test), juga terdengar perbedaan sonic quality-nya. Yah, apalagi yg mau diragukan? 

Repotnya adalah, kita tidak tahu mana letak inner & outer foil. Tidak semua pabrik memberikan kode. Kalau sudah begini, cuma ada dua cara: "mode pasrah" (anggap tidak tahu saja dan langsung pasang bebas), atau test dengan alat ukur untuk mencari tahu letak inner & outer foil-nya terlebih dahulu.

Untungnya Audience AuricapXO, juga V-Cap, sebagian dari Jensen Capacitors (almarhum), dan Miflex, membantu kita dengan memberikan tanda pada setiap produknya. Pada Auricap ada tiga tanda (pilih salah satu):

  1. Perbedaan warna kabel (lead-out), yaitu merah dan hitam.
  2. Jika warna kabelnya sama, entah sesama merah atau sesama putih, ada tanda spidol hitam pada salah satu sisi di badan atau di salah satu kabel.
  3. Jika lead-out nya adalah kawat (bukan kabel), perhatikan ada kawat yang lebih panjang/atau lebih pendek. 
Pada V-cap, ada dua tanda:
  1. Perbedaan warna kabel (lead-out), yaitu merah muda (pink) dan hijau muda (light green).
  2. Perhatikan ada kawat yang lebih panjang/atau lebih pendek. 

Apa arti dan persamaan dari kode-kode ini? Perhatikan,

  • Kabel hitam = kawat/kaki pendek = outer foil (hijau muda pada V-Cap).
  • Kabel merah = kawat/kaki panjang = inner foil (merah muda pada V-Cap).

Berbekal tanda dan artinya ini, lanjut, bagaimana "arah pemasangan yg optimal" itu?

Pada PSU

  • Merah (red) = positif (+)
  • Hitam (black) = negatif (-)
Pada Signal Coupling

  • Merah (red) = arah keluar (out)
  • Hitam (black) = arah masuk (in
Pada De-coupling

  • Merah (red) = arah masuk (in) atau yang lebih positif
  • Hitam (black) = ground atau terdekat dengan GND
Pada Crossover Network

  • Merah (red) = arah keluar (out) ke terminal speaker driver
  • Hitam (black) = arah masuk (in) dari amplifier
Pada Feedback Network

  • Merah (red) = arah keluar (out
  • Hitam (black) = arah masuk (in) dari output loop
Kawan, sudah dulu ya..., semoga berguna. Kalau ada pendapat, pertanyaan, saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini, agar bisa diikuti juga oleh banyak kawan. Saya tidak melayani "jalur pribadi" (japri) melalui telepon atau WA. Salam LJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....