Selasa, 28 Juni 2011

PreAmp "Angel #26-LC RGN.2"


Medio Juni 2011. Saya menyelesaikan pembuatan satu lagi malaikat baru, preamp berbasis tabung #26. Untuk memudahkan catatan dokumentasi, saya menamakannya "Angel #26-LC RGN.2". LC menyiratkan output topology yang saya terapkan, yaitu choke loaded, sedangkan RGN menyiratkan penggunaan tube rectifier seri RGN dari Telefunken. Sudah kali kedua saya menggunakan seri RGN untuk seri preamp #26.

"Angel #26-LC RGN.2" saya buat secara khusus karena memang pesanan khusus seorang rekan audio dari Australia. Saya mendapat kelonggaran budget Rp 20-25 juta, belum termasuk permintaan spare parts dan shipping cost ke negeri kanguru. Terima kasih, Pak.

Unit terdiri atas dua boks, masing-masing power supply unit box (PSU, kiri) dan signal unit box (SU, kanan). Kedua boks terinterkoneksi dengan kabel yang dapat dilepas di kedua ujungnya (detachable).


Jika dilihat dari belakang, pada boks SU terdapat dua pasang soket RCA, masing-masing sebagai input dan output, sepasang konektor XLR untuk output, konektor interbox, serta dua buah fuse holder yang mirip dengan yang dipakai pada produk amplifier Audio Research. Sedangkan pada boks PSU terdapat IEC inlet yang built-in fuse holder, konektor interbox, serta last but not least adalah voltage selector. Maklum, jala-jala listrik di Australia adalah 240 volt.





Begitu dulu ya, nanti saya sambung kalau ada waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....