Sabtu, 09 Juli 2011

Lagi, 1.000 Resistor Allen-Bradley

.
Sabtu, 9 Juli 2011. Tambahan stok resistor Allen-Bradley (USA) tiba kemarin. Lumayan, hampir 1.000 pcs, gabungan power rating 1 watt dan 2 watt. Saya bersyukur ada teman lama yang mau melepas koleksinya itu untuk saya. "Karena Pak Alex menghargai barang saya," kata teman ini.

AB adalah old carbon composite resistor, favorit saya selama ini: bagus, tidak mahal, dan saya ada stok, hehehe... Silakan kalau ada rekan yang mau bilang, "Ah kalau saya, AB akan saya buang ke laut." Bagi saya, selera adalah satu hal yang bisa subjektif. Karena itu saya menghindari pendapat arogan. Lebih baik kita cari tahu kelebihan sesuatu parts daripada mencari(cari) kelemahannya.

Ciri khas resistor carbon composite adalah menyumbang suara yang warmth. Berbobot dan bodi bagus, tanpa kehilangan detil. Suara penyanyi laki akan berwibawa... Suara penyanyi perempuan akan lebih terbuka namun tidak nyelekit. Memahami kelebihannya, penting bagi saya. Untuk jenis ini, saya mengoleksi AB dan Philips.

Kelemahannya adalah toleransi nilai yang buruk... Bukan cuma AB tetapi semua keluarga carbon composite. Jangan cari presisi di sini, Anda nggak akan menemukan. Kalau mau presisi, pilih jenis carbon film (masih satu keluarga karbon), atau yang lebih presisi lagi tetapi silakan pindah ke keluarga metal: metal film (MF), metal oxide (MOX).

Nilai terukur resistor AB bisa lebih tinggi 10-15% dari nilai tertera. Misal, tertera 100k, maka nilai terukur akan berkisar 110k-115k. Kalau resistor Philips (stok saya) kebalikannya: nilai terukur bisa lebih kecil sekitar 10% dari nilai tertera. Pada saat panas, nilai terukur juga akan drift (bergeser) ke atas. Yang tadinya terukur 115k pada saat panas bisa jadi 120k.

Tetapi kadang-kadang pada aplikasi amplifier tabung, drift justru diperlukan. Jadi, bila Anda punya stok AB, jangan dibuang ke laut ya, buang saja ke saya, saya akan menghargainya baik-baik. Salam dari Cibubur.

3 komentar:

  1. saya punya mas AB 10K 1/2 watt, itu juga ngorek2 etalase orang... yang 1K sulit di dapat..

    BalasHapus
  2. @Rommy: Ada ukuran 20k-22k, 680R, 820R, dan 1k? Boleh email ke: alex@langsungjadi.com.

    BalasHapus
  3. Hallo Om Alex kl untuk opamp IC karakternya AB gmn ya om?, saya blm pernah coba, pengen coba yg 100k tp cari2 di jakarta blm dapet

    BalasHapus

Silakan isi komentar Anda....