Minggu, 03 Juli 2011

Uji-coba Kabel Speaker AudioQuest Type 6

AudioQuest type 6.
Sabtu, 2 Juli 2011, pagi-siang. Dua orang teman datang ke workshop saya di udik Cibubur, ingin memeriksakan amplifier MOSFET-nya. Ia seorang konsultan bidang edukasi sosial. Sembari sama-sama memeriksa amplifiernya, buatan saya, yang ternyata tidak apa-apa itu, kami ngobrol ngalor-ngidul (bukan soal audio).... aha, baru ingat kalau teman ini membawa kabel speaker yang baru dibeli.

"Boleh kita sama-sama coba, Pak Alex," tanyanya. "Saya baru membeli AudioQuest type 6... Ini kabel lama, saya beli bekas pakai orang, namun panasaran karena kata reviewer, suaranya bagus." Di internet, review-nya bisa Anda lihat sendiri di sini, sini, dan di sini. Saya malas membacanya.

"Silakan," jawab saya, "Namun saya hanya punya kabel biasa-biasa untuk pembanding, 'LJ #3'." Kabel speaker LJ#3 adalah buatan saya, berbasis kabel Esoteric (entah asli atau aspal, saya juga tidak tahu dan tidak peduli), namun telah saya burn dengan burn tool buatan saya, selain telah dikemas laiknya produk komersial. Di atas LJ#3 adalah LJ#2 dan LJ#1. LJ#1 adalah favorit saya.

AudioQuest type 6 berwarna abu-abu, sebesar kelingking. Isinya 6 utas solid copper @ 3 utas merah dan 3 utas hitam. Oh ya, ini versi bulk (beli meteran) bukan versi finished. Diameter solid copper sekitar AWG 20 (= 0,81 mm) atau kurang. Ujung ketiga utas hitam dipelintir jadi satu dan dilabeli kutub negatif; begitupula ketiga utas merah, dipelintir jadi satu dan dilabeli kutub positif.

Sistem yang digunakan:
  • CDP: Yamaha ecek-ecek saya, standard pula (kecuali output coupling caps sudah berganti Solen MKP-FC). 
  • PreAmp: Angel #26-AL (active load) buatan saya.
  • PowerAmp: JFET-MOSFET Amp (2x150W) buatan saya.
  • RCA interconnect: LJ#1 (CDP to pre-amp), AudioQuest ITA 3/3 (pre-amp to power-amp).
  • Power cord: PC standard.
  • Software: ada beberapa CD, namun yang utama adalah Various Artist by StockFisch, track 1, 2, dan 4.
Pendengar: Saya dan dua teman.
Hasil nguping sambil lalu: ... ah hahaha.... 
Sewaktu pulang, saya menyarankan kepadanya untuk bereksperimen... mencoba hanya 1 utas saja (dua utas yang lain idle), 2 utas saja (1 utas yang lain idle), de el el... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....