Sabtu, 09 Juli 2011

"Old" Rotary Switch, 4 Induk 3 Posisi


Jumat, 8 Juli 2011. Dua dus kecil berisi rotary switch kuno tiba. Ini saklar putar biasa, 3 posisi 4 induk (4 gang). Selain biasa, bentuknya juga kuno alias antik. Kontak-kontaknya terbuka, bukan vacuum (= bebas percikan api). Kiriman kali ini  kurang jelas merknya apa; bacth sebelumnya dengan fisik yang sama ada stamp logo Matshushita.

Sewaktu saya buka, masing-masing unit masih berbungkus kertas minyak yang telah kekuningan. Seingat saya, beginilah kebiasaan kemasan-dalam zaman dulu: kertas minyak. Sekarang kebanyakan menggunakan foam atau plastik pentul.

Saya tidak bermaksud berpanjang-lebar soal kemasan, tetapi bahwa dengan saya menerimanya masih dalam keadaan terkemas  unit-per-unit seperti itu dan masih dalam dus pula, maka semua kontak soldernya (solder lead) bersih. Senang rasanya, karena hasil solder-join nanti juga akan maksimal tanpa perlu kerak-kerik dulu. Dulu pernah saya bersihkan kotoroan seperti ini dengan larutan asam atau larutan basa, eh hancur semua barangnya karena lupa angkat. Kapok saya....!

Lantas, apanya yang  menarik minat saya? Apalagi kalau bukan persepsi saya akan  mutu saklar produksi lama, seperti mutu logamnya baik, termasuk mutu logam kontaknya. Tangkai dan kontak-kontaknya kelihatannya dari bahan kuningan. Kalau sekarang, umumnya besi klas rendah yang di-bedak-i dengan anodize. Atau plastik. Kalau yang berbahan dasar tembaga kemudian diselaputi (coating) gold, silver, atau apalagi rhodium, harganya melangit.

Cuma itu? Tidak. Saya sering memakainya dan belum pernah mendapatkan masalah dengan kontak-kontaknya begitupun mekanisme putarnya. Sementara buatan ALPS yang vacuum dan keren itu, sudah beberapa kali masalah dan perlu penggantian.
Saya membayangkan "si kuno" ini dengan Seiden ah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....