Kamis, 30 Juni 2011

Semriwing Suara RGN1064 Telefunken

Sulit untuk menjawab pertanyaan, "Apakah ada tube rectifier lain yang bisa mengkontribusi suara amplifier lebih merdu dari seri RGN buatan Telefunken?" Kata orang Jawa, suaranya semeriwing... Entah apa artinya.
Globe/balloon glass.
Karena itu, pada proyek premium seperti preamp malaikat "Angel #26-LC RGN.2", saya melibatkan salah satu tipe dari seri RGN Telefunken ini ke dalam barisan key components. Saya memakai RGN1064, yang menurut lembar data memerlukan catu filamen 4 volt, 1,1 ampere. Arus keluaran penyearahannya hingga 60mA --lebih dari cukup untuk proyek ini yang hanya memerlukan sekitar 11 mA saja.

Dari tampak fisiknya saja RGN1064 Telefunken sudah "semlohe": berbodi bulat globe glass, mesh plate (anode-nya seperti saringan/ayakan, bukan solid plate, bak gadis dengan atasan semi-transparan). Emmmm...
Mesh plate... anodenya seperti saringan/ayakan, bukan solid plate sebagaimana umumnya
Ia termasuk barang langka, hard to find, dan tentu saja berharga tidak murah.... meskipun tidak ada patokan harga untuk collectible item. Saya pernah terpaksa membelinya seharga Rp 2,5 juta per buah dari seorang kolektor saat membutuhkan dan stok di pasar sedang kosong... meski saya tahu harga pasarnya waktu itu hanya kisaran Rp 600 ribu.

Saya kena "getok"? Iya, dan dari teman sendiri. Dongkol? Tentu saja. Untung pemesan unit bilang, "Nggak apa-apa, saya bayar, Pak Alex. Ambil saja, saya penasaran suaranya."

Toh RGN1064 masih termasuk murah dibandingkan kakak-kakaknya seperti RGN4004, RGN2004, RGN2504.... kalau ada yang mau jual. :(

Yup, inilah keluarga lengkap dari seri RGN Telefunken: RGN504, RGN1054, RGN1064, RGN1074, RGN1504, RGN2004, RGN2504, RGN4004, RGN1882, RGN1883, RGN2005. Ada rekan yang mau menambahkan?

Oh ya, selain Telefunken, Valvo (sesama Eropa) juga membuat seri ini, tetapi dengan prefix G, seperti G2504.
RGN1064 Telefunken pada "Angel #26-LC RGN.2".
Glow in the dark. Rupa nyala filamennya seperti segitiga. Cakep... Sayang saya hanya memotretnya dengan kamera HP. :(

2 komentar:

  1. Wah... mulai aktif nih pak Alex ?
    Siip pak !
    Moga2 langsungjadi.com nya juga segera di-"openi" deh, hehe...
    SUKSES pak !

    Harry

    BalasHapus
  2. Halo Pak Harry.... terima kasih. Sedang sibuk sih, cuma kepingin juga ngetik di blog. Mudah-mudahan blog-nya berlanjut, dan langsungjadi.com bisa saya openi juga dalam waktu dekat. Salam, Alex.

    BalasHapus

Silakan isi komentar Anda....