Rabu, 29 Juni 2011

6e2 Magic Eye

Awal Juni 2011. Awalnya saya menyebutnya "cat eye", mata kucing. Sekarang saya menyesuaikan diri menyebutnya "magic eye". Saat menyala, warna pendarannya memang putih-kehijauan... tapi tidak sehijau mata kucing yang bening-kehijauan dan berkilap tajam itu.

Yes, kita sedang membicarakan salah satu keluarga vacuum tube, tetapi bukan untuk memproses sinyal suara atau sinyal radio melainkan memproses sinyal suara menjadi pendaran. Di kelompok ini ada magic eye ada juga nixie, dan mungkin pula ada yang lain.

6e2 adalah salah satu tipe dari keluarga magic eye. Saat hidup, pendaran 6e2 akan mengikuti taraf musik (sinyal suara), tetapi berbeda dengan tipe lainnya, arah pendaran 6e2 datang dari atas dan bawah menuju tengah.

Saya menggunakan 6e2 untuk salah satu proyek preamp malaikat, "Angel #26-LC RGN.2", atas permintaan pemesan (customer request). "Kan cakep tuh, Pak Alex." Teman ini ingin memuaskan hasrat kuping juga matanya.

Kalau tidak teliti, tidak terlalu mudah untuk memastikan apa sebetulnya tipe persamaan 6e2 di buku data (databook). Dari sekian banyak tipe keluarga magic eye di buku primbon saya, 6e2 entah kemana... Saya yang tak becus menemukannya atau memang tidak tercantum. Bah...!

Pelacakan di internet sempat membingungkan karena di beberapa page yang saya temukan, ada yang "kacau" alias "ngaco". Akhirnya saya teliti satu per satu pin ke pin, dan melakukan berbagai perbandingan dengan beberapa tipe yang saya anggap paling mendekati. Ketemu, deh. :)

Pemeriksaan spesifikasi dan application note pada lembar data harus saya lakukan untuk memastikan SOP (setting operating poin), terutama berapa tegangan ayunan (swing voltage) yang pas yang diperlukan grid untuk pendaran level minimum to maximum.

Kalau mau mudah sih, saya cukup "copy-paste" dari proyek sebelumnya. Saya pertama kali memakai 6e2 pada proyek "300B SET Monoblock Amplifier" berbasiskan salah satu kit Lite (RRC), beberapa tahun lalu. Tetapi saya tidak terlalu mempercayai sirkuit atau kit dari China.

Feeling saya tepat. Menurut spesifikasi 6e2, saya bisa memastikan bahwa aplikasi 6e2 pada sirkuit "300B SET Monoblock Amplifier" dari Lite Kit adalah kurang pas. Saya harus menerapkan yang pas pada proyek "Angel #26-LC RGN.2".

Berapa harga 6e2? Ampun...! Pada proyek "300B SET Monoblock Amplifier" dulu, seingat saya harga sebuah 6e2 versi China hanya sekitar Rp 35 ribu saja. Kagetlah saya karena harga di sebuah situs lelang sekarang ada yang tembus 10 kali lipat. :(

Saya memang hanya memerlukan dua buah, namun harus membeli empat buah untuk cadangan alias jaga-jaga. Dan sekali lagi feeling saya benar, satu dari empat 6e2 China yang saya beli ternyata tidak menyala. :(

Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....