Minggu, 04 September 2011

PreAmp Malaikat #1 Lahir: "Angel #26-LC 80.1"


Tahun 2007. Lahir pre-amp malaikat pertama saya. Kode kelahirannya, "Angel #26-LC 80.1". Saya lupa tanggal tepatnya, namun dari dokumentasi foto, tertera 23 September 2007. Sedikit catatan, pemotretan tak selalu pas tanggal "dendang pertama"; dulu saya suka terlambat memotret.

Yang saya ingat, persiapan kelahirannya sejak 1-2 tahun sebelumnya di Cibubur. Perakitan dasarnya (kala itu) masih di Surabaya. Cibubur mengerjakan finishing touch, termasuk pengukuran, "mengepaskan" SOP (setting operating point), QC dan tweaking, serta budgeting.

Foto: Alex
Menggunakan tabung tipe #26 di signal section dan tabung tipe #80 di PSU.
"Angel #26-LC 80.1" menggunakan tabung pre-amp tipe #26, tabung rectifier #80, dan menerapkan topologi choke-loaded (LC). Karena masih prototip, hampir semua komponen menggunakan apa yang bisa dijangkau saat itu.
Foto: Alex
Baru lahir, masih telanjang... Sebelum di-tweaking, signal coupling caps-nya adalah duet BlackCat dan Sprague Vitamin Q buatan USA. Keduanya PIO (paper-in-oil) caps, dipasang bertumpuk dengan tie wrap
Foto: Alex
Isi perut, setelah tweaking. Yang langsung tampak adalah duet BlackCat dan Sprague Vitamin Q berganti dengan AudioNote copper foil paper-in-oil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....