Minggu, 17 Mei 2020

Lebih Jauh tentang Tabung 5687

5687 tubes various brand.

Artikel ini dipublikasikan oleh majalah Audio-Video edisi Januari dan Februari 2008, sebagai pelengkap artikel berjudul: Membuat Sendiri “MiniMax 7”: Pre-Amp Tabung Gaul Bersuara Yahud.
Berdasarkan lembar data (datasheet), saya mencatat beberapa karakter dan kelebihan utama dari lampu atau tabung 5687, sebagai berikut:
  • Triode kembar (small signal dual triode) berkaki sembilan (noval 9 pin).
  • Berpenguatan menengah (16-18x).
  • Arus anode cukup besar (12-36 mA).
  • Plate or internal resistance (sangat) rendah (1K5-3K).
  • Linearitasnya (sangat) baik –tampak pada kurva karakteristik anode (plate caractheristic curve).
  • Dapat dioperasikan dengan tegangan filamen pemanas 6,3V atau 12,6V, AC maupun DC.
Lihat tabel dan gambar.
Dengan segala kelebihannya itu, kita membutuhkan (hanya) sebuah lampu 5687 untuk membuat pre-amp stereo. Alhamdulillah, benar-benar memudahkan pembuatan pun hemat biaya. Maka ucapkan selamat tinggal untuk line pre-amp berlampu banyak yang boros.

Lampu triode berpenguatan rendah hingga menengah, termasuk 5687, sangat jarang bersuara “cempreng” sebagaimana umumnya triode berpenguatan tinggi, katakanlah 12AX7. Lagi pula hare… gene…, pre-amp berpenguatan tinggi nyaris tak diperlukan gara-gara sinyal keluaran rata-rata pemutar CD sekarang ini sudah cukup tinggi, mencapai 2Vrms –jauh di atas standar kuna yang 500mVrms.


Rancangan lama line pre-amp sering menggunakan banyak tingkat (multi-stage), banyak lampu, berpenguatan ekstra tinggi, yang membuat rancangan tak sanggup bekerja open loop sehingga terpaksa menerapkan sirkuit umpan-balik negatif (negative feedback)  –yang dalam banyak penelitian menunjukkan bahwa NFB inilah biang dari gejala ear fatique (telinga cepat capek).

Lantas bagaimana dengan modal berimpedansi keluaran rendah dan berarus kerja tinggi dari lampu 5687? Ia menjamin dua hal utama:
  • “Gaul” alias mudah cocok (match) dengan power amp apa saja, tak perduli vacuum-state amp maupun solid-state amp. Ini penting untuk Anda yang masih ragu untuk bermigrasi ke fully tube audio system.
  • Gebukan bass, termasuk sub-bass, aha…., jangan khawatir.

--Alexander adalah praktisi elektronika, penghobi audio, pendiri www.langsungjadi.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar Anda....